PANEN RAYA JAGUNG HIBRIDA DESA GEMIUNG KECAMATAN BUANA PEMACA KABUPATEN OKU SELATAN

OKU Selatan, Jum’at 22 Februari 2019 dilaksanakan Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Jagung Kelompok Tani Sekapak Jaya Desa Gemiung Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten OKU Selatan.

Dalam Acara Panen Raya Jagung yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan bekerja sama dengan BPTP Provinsi Sumatera Selatan dihadiri oleh Bupati OKU Selatan (Popo Ali Martopo) beserta Wakil Bupati (Solehien Abuasir), Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian Republik Indonesia beserta rombongan, Ketua DPRD OKU Selatan, Kadin Pertanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sum-Sel, Kepala BPTP Balitbangtan Sum-Sel beserta rombongan, FKPD Kabupaten OKU Selatan, OPD se-Kabupaten OKU Selatan, Camat se-Kabupaten OKU Selatan, Distributor dan Pengecer, Kelompok Tani serta tamu undangan lainnya juga turut hadir dalam acara yang digelar cukup meriah.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan menyampaikan “Kegiatan Panen Raya Jagung Hibrida ini dilaksanakan pada Kelompok Tani Sekapak Jaya Desa Gemiung Kecamatan Buana Pemaca, kurang lebih diatas lahan seluas 50Ha bersamaan dengan panen jagung pada hari ini dilokasi lainnya di Kabupaten OKU Selatan diperkirakan ada panen seluas 240 ha”. Beliau menambahkan “Di Kecamatan Buana Pemaca sendiri pada Tahun 2018 terdapat luas tanam jagung 14.025 ha  dengan jumlah produksi 91.402,80 ton JPK dan pada Tahun 2019 ini sampai dengan Tanggal 22 Februari 2019 terdapat luas tanam jagung 6,947 ha, luas panen 2.074 ha dengan jumlah produksi 14.683,92 ton JPK”.

Pada acara Panen Raya Jagung Hibrida ini, juga dilakukan penyerahan secara simbolis Bantuan kepada Kelompok Tani/GAPOKTAN berupa Alsintan Kendaraan Roda Tiga (Bentor), Corn Planter (Alat Tanam Jagung) serta Benih Jagung Hibrida Varietas Bisi 228, serta bantuan benih padi varitas Inpari 33 dari BPTP Balitbangtan Sumsel selaku penanggung jawab UPSUS PAJALE Kabupaten OKU Selatan. Penyerahan Bantuan secara simbolis tersebut diserahkan oleh Bupati OKU Selatan didampingi Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kasi KSPP BPTP Balitbangtan Sumsel serta Kadin Pertanian. Dengan harapan dapat menjadi motivasi bagi Kelompok / GAPOKTAN yang ada di Kabupaten OKU Selatan. Di lain waktu, Kadin Pertanian mengatakan untuk tahun 2019, Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan melalui Bidang Tanaman Pangan mengusulkan bantuan benih jagung untuk intensifikasi seluas 14.945 ha , benih padi inbrida sawah seluas 8.000 ha dan padi gogo seluas 3.500 ha.

Sumber : Dinas Pertanian OKUS

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*